SEKILAS INFO
: - Minggu, 14-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / SMK MUTU Temanggung – Good Generation School | Sekolah Generasi Milenial | Sekolah Berbudaya Akhlakul Karimah | Sekolah Pencetak Generasi Siap Kerja dan Berwirausaha
Mendekati Puasa, Inilah 5 Negara dengan Budaya Unik di Bulan Ramadhan! ADA YANG PUASA HINGGA 20 JAM??

Wiihh tak terasa ya bulan Ramadhan tinggal hitungan minggu aja, siapa nih yang kangen keliling kampung buat bangunin sahur orang-orang, berburu takjil sambil ngabuburit bareng yang tersayang, dan melewati tarawih sambil ngantuk.

 

Nah, teman-teman penasaran ngga sih sama suasana dan budaya bulan puasa di negara-negara belahan dunia? Apakah takjil mereka pakai kolak pisang? Atau mungkin sop buah?

Check it out!

  1. Arab Saudi

Di sana, waktu berpuasanya kurang lebih sama seperti di Indonesia yaitu sekitar 15 jam.

Budaya ngabuburit ternyata juga ada loh di Arab! Biasanya ngabuburit diisi dengan kegiatan bagi-bagi takjil dan menyiapkan hidangan untuk berbuka di masjid.

(Sumber: Phinemo.com)

phinemo.com

 

  1. Rusia

Mungkin kalian akan kaget dengan durasi puasa di Rusia, yup kisaran 17-20 jam.

Oleh karena itu, Rusia termasuk negara dengan waktu berpuasa paling lama di dunia, wah orang-orang Rusia kuat banget ya..

(Sumber: Editor News – Pikiran Rakyat)

pikiran-rakyat.com

 

  1. Mesir

Mesir mempunyai kebiasaan unik tersendiri saat menyambut bulan Ramadhan, yaitu dengan memasang lampu Fanus (lampu tradisional Kairo) di rumah mereka. Tradisi memasang lampu ini sudah dikenal sejak zaman Dinasti Fattimiyah, ditujukan untuk menyambut kedatangan pasukan Raja Mesir yang akan berkunjung saat Ramadhan.

Kalau di Indonesia sih main petasan..

(Sumber: Courtesy of Egyptianstreets.com)

bobo.grid.id

 

  1. Jepang

Menu berbuka yang identik dengan Ramadhan adalah kurma, namun di Jepang jarang berbuka puasa dengan kurma.

Jepang memiliki menu khas untuk buka puasa itu sendiri, yaitu Dorayaki! Hmmm yum!

fooddiversity.today

 

  1. Australia

Durasi berpuasa terpendek/tercepat jatuh pada negara Australia, hanya 10-11 jam saja mereka puasa dan jumlah rakaat shalat tarawih di Melbourne umumnya cuma 11 rakaat tanpa diawali dengan ceramah.

kompasiana.com

 

(Sumber: Kompas.com)

 

“Apa cuma di Indonesia aja di bulan puasa itu kerasa spesial dibanding bulan lainnya? Karena pas bulan puasa doang yang ada iklan sirupnya”

 

(Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan IPM SMK Muhammadiyah 1 Temanggung)