We are Automotive Engineer

Tidak dapat dipungkiri lagi industri otomotif saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Produsen berlomba untuk mengikat hati konsumen dengan produk unggulannya. Situasi seperti itu bisa terlihat saat kita melihat berbagai pameran otomotif yang sering diselenggarakan dengan antusiasme masyarakat seakan meningkat drastis akan beragam produk baru yang diluncurkan. Atmosfer ini sebenarnya menunjukkan bahwa industri otomotif menjadi salah satu peluang yang menjanjikan, artinya, dalam beberapa tahun ke depan industri ini akan banyak menyerap tenaga kerja yang handal dan terampil untuk bekerja dalam sektor ini. Kesempatan yang luas akan industri ini tentu saja dimiliki oleh anak- anak SMK relevan dengan jurusan ini. Jurusan yang relevan dengan bidang ini adalah jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) .

Nah, berikut sekilas informasi sebagai gambaran mengenai jurusan ini.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)  merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Beberapa tahun lalu mungkin kita familiar dan mengenal jurusan ini  dengan Teknik Otomotif. Jadi Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil baik niaga maupun penumpang. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Apa sih yang dipelajari di jurusan Teknik Kenderaan Ringan Otomotif ?

Sebagai gambaran awal siswa/i jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)  akan mempelajari mata pelajaran yang digolongkan dalam 3 muatan yaitu muatan nasional, muatan kewilayahan dan muatan kejuruan. Pada muatan nasional dan kewilayahan, sama seperti jurusan- jurusan SMK yang lainnya, mapel yang dipelajari seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan sebagainya. Pada muatan kejuruan sub dasar bidang keahlian mencakup Simulasi dan Komunikasi Digital, Fisika, dan Kimia. Sedangkan sub dasar program keahlian mencakup Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, dan Pekerjaan Dasar Otomotif. mapel pada sub dasar bidang keahlian dan sub dasar program keahlian relatif sama dengan mapel pada  rumpun teknik otomotif, seperti di jurusan Teknik Kenderaan Berat (TBR) dan jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM).

Biar makin mantap pilihannya, ada beberapa alasan sahabat masuk di SMK MUTU Temanggung

  1. Guru / Tenaga pendidik yang berpengalaman.
  2. Fasilitas praktikum yang lengkap.
  3. Proses pembelajaran yang menyenangkan
  4. Lingkungan sekolah yang nyaman untuk proses belajar.